Rpp Kurikulum 2013 Sd Kelas 1 Revisi Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 5

RPP Kurikulum 2013 SD Kelas 1 Revisi Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 5 ini merupakan bab dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran K13 paling gres (semuanya ada 6 pembelajaran). Dikarenakan perangkat pembelajaran ini sangat penting maka blog edukasi akan membagikanny secara gratis menurut per pembelajaran.
 ini merupakan bab dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran K RPP Kurikulum 2013 SD Kelas 1 Revisi Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 5
RPP Kurikulum 2013 SD Kelas 1 Revisi Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 5

Isi RPP Kurikulum 2013 SD Kelas 1 Revisi Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 5

Sebagai gambaran, anda sanggup melihat rujukan is dari RPP K13 revisi yang akan kami bagikan pada artikel ini :
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Pembuka ( ±.......................menit )
• Guru menawarkan salam pembuka di awal pelajaran.
• Guru mengajak siswa berdoa sebelum melaksanakan kegiatan. Guru mengingatkan kembali tujuan berdoa sebelum acara dimulai.
• Siswa berdoa menurut doktrin masing-masing. Guru memimpin doa sebelum kegiatan.
• Setelah berdoa, acara pun dimulai.
• Guru meminta siswa mengamati benda-benda di sekitar kelas, kemudian minta siswa menghitungnya. Berapa banyak meja guru? Berapa banyak meja dan dingklik siswa? Berapa banyak penghapus papan tulis? Dan seterusnya. Apakah kalian sudah sanggup menghitung banyaknya benda di kelas? Kemudian minta siswa mengamati gambar di halaman 22 dan menjawab pertanyaan dari gambar tersebut.
• Guru memberikan bahwa siswa akan mencar ilmu konsep bilangan 1 hingga dengan 10 dan mengenal lambang bilangan sambil bermain kartu bilangan.

b. Kegiatan Inti  ( ±.......................menit )
1. Guru meminta siswa mengamati benda-benda di sekitar kelas, kemudian minta siswa menghitungnya. Berapa banyak meja guru? Berapa banyak meja dan dingklik siswa? Berapa banyak penghapus papan tulis? Dan seterusnya. Apakah kalian sudah sanggup menghitung banyaknya benda di kelas?
2. Kemudian minta siswa mengamati gambar di halaman 22 dan menjawab pertanyaan dari gambar tersebut.
3. Guru memberikan bahwa siswa akan mencar ilmu konsep bilangan 1 hingga dengan 10 dan mengenal lambang bilangan sambil bermain kartu bilangan.
4. Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok mendapat satu set kartu lambang bilangan dari 1 hingga dengan 10.
5. Setiap kelompok duduk membentuk lingkaran.
6. Guru menjelaskan hukum bermain. Ada kelompok siswa yang memberi soal, ada kelompok yang akan menjawab soal itu.
7. Guru akan mengundi kelompok mana yang memberi soal dan yang menjawab soal. Apabila kelompok yang mendapat kesempatan untuk menjawab soal tidak bisa, maka kelompok lain akan berlomba untuk menjawab soal tersebut (rebutan).
8. Setiap kelompok mendapat giliran untuk memberi dan menjawab soal. Oleh alasannya itu setiap kelompok diminta untuk menyiapkan/membuat/ merancang soal.
9. Soal yang dimaksud ialah setiap kelompok menyediakan/ menunjuk/ membawa beberapa jenis benda yang tertentu banyaknya.
10. Sebagai contoh, kelompok 1 mendapat giliran memberi soal, sedangkan kelompok 2 mendapat giliran menjawab soal. Kelompok 1 maju ke depan kelas. Kelompok 1 meminta kelompok 2 untuk membilang benda yang disediakan/ditunjuk/dibawa. Setelah membilang, kelompok 2 menentukan lambang bilangan yang sesuai dan mengangkat kartunya. (lihat buku siswa halaman 23)
11. Begitu seterusnya hingga semua kelompok mendapat giliran untuk memberi dan menjawab soal.
12. Guru mengambil kembali kartu lambang bilangan dari setiap kelompok dan membagikan 2 jenis
kartu yang lain. Kartu apakah itu?
13. Guru membagikan 3 kartu nama yang tidak lengkap hurufnya (kartu nama yang dibagikan sesuai dengan nama anggota kelompok) dan 1 set kartu abjad a-z ke masing-masing kelompok.
14. Aturan permainan sama dengan permainan tebak lambang bilangan, yaitu setiap kelompok akan mendapat giliran untuk memberi soal dan menjawab soal dengan cara diundi.
15. Sebagai contoh, kelompok 1 mendapat giliran memberi soal, sedangkan kelompok 2 mendapat giliran menjawab soal. Kelompok 1 maju ke depan kelas. Kelompok 1 mengalungkan kartu nama yang sesuai kepada 3 siswa anggotanya.
16. Kelompok 2 menyebutkan nama pemilik kartu, menebak abjad yang hilang, dan mengangkat kartu abjad sesuai abjad yang hilang dari kartu nama tersebut. (lihat buku siswa halaman 26) Begitu seterusnya hingga semua kelompok mendapat giliran untuk memberi dan menjawab soal. Untuk menguatkan siswa perihal konsep bilangan dan lambangnya, minta siswa mengerjakan latihan di halaman 24-25.
17. Untuk menguatkan siswa perihal huruf, minta siswa mengerjakan latihan di halaman 27.

c. Kegiatan Penutup  ( ±......................menit )
1. Kegiatan ditutup dengan acara refleksi: siswa dan guru berbicara perihal bab yang gampang dan sulit ketika mencar ilmu dan bermain lambang bilangan
2. siswa dan guru berbicara perihal bab yang gampang dan sulit ketika identifikasi abjad untuk menebak abjad yang hilang dari nama teman
3. menyebutkan abjad konsonan dari dua nama teman di kelas (sebagai contoh) dan mengidentifikasi lambang bilangan 1 hingga dengan 10.
4. Setelah tamat acara refleksi selesai, siswa berpamitan dan memberi salam kepada guru ketika pulang.

Penilaian Pembelajaran
1. Penilaian Sikap: Observasi selama acara berlangsung (lihat pedoman evaluasi sikap).
2. Penilaian pengetahuan
- Tes tertulis
(Guru sanggup mengambil nilai tes tertulis dari latihan yang dikerjakan siswa di buku siswa halaman 24-25 dan 27)
3. Penilaian keterampilan
a. Penilaian Unjuk kerja: identifikasi lambang bilangan

Download RPP Kurikulum 2013 SD Kelas 1 Revisi Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 5

Jika ternyata isinya sudah benar sesuai dengan pembaruan format K13 tahun 2016 kini ini maka silahkan download saja file selengkapnya biar Bapak Ibu Guru tidak perlu mengetik ulang.
Link Download:
Baca Juga RPP Kurikulum 2013 SD Kelas 1 Revisi Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran Lainnya:

Comments